“Better an oops than a what if”~Hitam Putih

download

Sumber

Katanya, lebih baik keluar dari zona nyaman, lakukan hal yang kamu sukai dengan focus dan lebih baik gagal saat melakukannya daripada tidak mencoba sama sekali.

Katanya, Jika pun gagal kau akan mendapat  pelajaran yang berharga dan bisa memulai kembali dari kegagalan yang sudah kamu lakukan. Katanya begitu.

Nah untuk kali ini aku akan membahas tentang bagaiman caranya menggapai karir impianmu.

Tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa poin seperti yang biasa aku posting di postingan sebelumnya. Tips ini sebenarnya bukan murni hasil dari pemikiranku, melainkan tips ini diberikan oleh kakaku  kepadaku yang notabenenya belum bisa menggapai impiannya, justru masih bingung juga sebenernya dia mau jadi apa dan mau berkarir sebagai apa (si penulis artikel: red).

Sebelum aku membagkan tips yang udah diberikan oleh kakaku, aku mau bahas kakaku dulu terlebih dahulu.

FYI, kakaku itu seorang programmer. Aku ga tau sih dia itu programmer atau developer, tapi dia selalu mencap dirinya sebagai android publisher atau android developer atau apalah itu  *kugakngertisoalnya

Pokoknya yang aku tau, kerjanya itu yang bikin games dan aplikasi di hp android gitu. Nah yang ngegajinya itu google ads. Ya kayak blogger gitu dapet gajinya, Kita masang iklan di blog, trus kalau ada yang klik iklan dapat uang. Nah kalo dia masang iklannya itu di aplikasi yang dia bikin. Gitu. Paham,kan, maksudnya? Ya anggap saja kamu paham. Kalau kamu masih ga paham coba hubungi saja penulisnya, dia mau kok menjelaskan dengan rinci. Soalnya dia sekarang jadi cerewet.

Nah nasehat itu akan aku pecah dan jabarkan secara mendetail, karena saat itu, entah kenapa kakak aku yang biasanya diem banget itu, tiba-tiba jadi secerewet itu. Ini serius loh! Kalo kamu tau/liat, kamu juga pasti heran. Oke here they are:

  1. Cari dan Temukanlah Hal yang Kamu Sukai

Katanya, kita harus melakukan hal yang kita sukai. Agar nanti kalau kerja, kita jadi ga ngerasa terpaksa gitu ngelakuinnya. Katanya, penting untuk mencari dan menemukan apa yang kita sukai atau apa passion yang paling kamu sukai untuk dilakukan.

download (2)

sumber

“ kamu bisa ngelakuin apa yang kamu mau, Hobby kamu, passion kamu. Hobby yang dibayar itu  menyenangkan.  Pokoknya lakuin apa yang kamu mau lakukan.”

Aku lupa persisnya dia ngomong gimana, tapi intinya dia nyuruh aku untu mencari hobby apa yang paling aku sukai, dan dia juga minta aku untuk menggeluti hobby yang kusukai itu. Gitulah itunya.

  1. Fokus dan Yakin dengan Apa yang Kamu Kerjakan

Poin kedua adalah Fokus dan yakin dengan apa yang kita kerjakan. Setelah kita tau apa yang kita  sukai atau hobby apa yang kita sukai, kita harus fokus sama hobby yang kita sukai itu. Kita harus banyak berlatih, harus banyak belajar agar skill yang kita punya terus meningkat.

download (1)

sumber

FYI, kakak aku  itu belajar programmesumr otodidak, loh. Ga tau dia belajar dari mana. Katanya, dia sering bolak-balik warnet buat belajar bahasa pemrograman gitu.

Menurut dia “Bakat itu, bukan 100% pemberian dari Tuhan, bukan juga yang kita punyai atau pun bukan yang kita warisi dari lahir. Bakat itu lahir dari latihan.”

Kata kakakku juga, kalau kita sudah tau apa yang kita sukai, kita juga harus yakin dengan apa yang kita kerjakan. Contohnya kakak aku, walaupun tak ada jaminan bahwa dari awal ketika dia memilih untuk menjadi developer dia akan sukses, tapi karena dia yakin dengan kemampuannya, dia yakin dengan apa yang dia kerjakan, dia juga fokus dan banyak latihan, akhirnya dia  bisa membuktikan bahwa dia bisa sukses di jalan yang dia pilih.

  1. Jangan Dengarkan Ucapan Orang Lain

Pernah denger,kan, kisah seorang katak yang mencoba untuk memanjat menara, namun ada begitu banyak katak lain yang mencerca dan menghina tapi akhirnya dia bisa mencapai tujunyannya (sampai pada puncak menara). Ternyata si katak yang bisa menggapai tujuannya adalah katak yang tulis, sehingga dia bisa mendengar kata-kata meremahkan dari katak-katak yang lain.

Nah seperti itulah kita saat ingin menggapai impian kita.

Ketika kita sudah memutuskan untuk mengambil suatu pilihan, entah seberapa banyak orang yang meremehkan dan seberapa banyak orang yang sangsi dengan pilihan kita, katanya kita tak boleh mendengarkan ucapan orang lain.

Kata kakaku, katanya jika kita terus mendengarkan ucapan orang lain, kita tak akan bisa maju, terlebih jika kita mendengaran ucapan orang yang hanya berniat untuk menjatuhkan kita. Itu ga ada gunanya mending kita fokus sama pilihan kita, terus berlatih dan belajar untuk bisa menjadi master dalam pilihan yang kita ambil. Gitu.

 

Nah itulah beberapa tips yang diberikan oleh kakaku untuk menggapai karir impian. Sekian dari ku semoga bermanfaat. Dan semoga di tahun 2018 ini kita semua bisa menggapai karir impian kita. Aamiin. Jika ada yang ingin share tentang hobby atau karir impiannya, bisa share di kolom komentar di bawah ya! Semangat!

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *